Search here...
TOP

About Na!

 

About Na!

Sebagai seorang Dosen Teknik Kimia di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi dan industri tak menyurutkan kecintaannya terhadap dunia menulis yang telah ia miliki sejak kecil. Meski sempat vakum menulis beberapa tahun karena kesibukannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita bekerja, namun perkembangan teknologi terutama internet dan sosial media membawanya kembali ke dunia menulis sejak tahun 2007.

Sharing, traveling, capturing moments, writing dan volunteering adalah beberapa kata kunci yang menggambarkan passion seorang Donna Imelda. Tak heran bila dalam kesehariannya, perempuan ini gemar sekali menghadirkan momen-momen istimewa dan inspiratif baik yang didapatkan dari kegiatannya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan dosen, dari dunia volunteering yang digelutinya, dan dari setiap perjalanannya ke banyak tempat sebagai travel writer dan public speaker. Wanita yang pernah menjadi nominasi 10 besar Srikandi Blogger 2014 Kumpulan Emak-Emak Blogger ini membagikannya dalam bentuk tulisan dan foto yang tersebar di beberapa situs dan media sosial.

Donna Imelda yang pernah diangkat sebagai Perempuan Inspiratif di Majalah Anakku dan Majalah Online Blogger Perempuan ini sangat menyukai kegiatan traveling, baik ke daerah-daerah di Indonesia maupun ke beberapa negara di luar Indonesia. Hal inilah yang menjadi jantung setiap tulisan-tulisannya yang bisa dibaca di situs pribadinya di www.donnaimelda.com atau di travel website miliknya di www.AyoPelesiran.com. Catatan perjalanannya juga menghiasi beberapa media cetak dan majalah online seperti Kalstar In-flight Magazine dan Male Emporium Asia Magazine.

Perjalanan menulis catatan perjalanan telah membawanya menjadi pemenang dalam kompetisi Travel Blogger dunia di ajang Kerala Blog Express 2 World Competition yang diselenggarakan oleh Departemen Pariwisata India. Menjadi satu di antara 30 travel blogger dari 21 negara lainnya, Donna Imelda berhak mewakili Indonesia mengunjungi Kerala di India Selatan selama dua minggu dengan fasilitas akomodasi penuh.

Perempuan yang  memperoleh kemenangan di beberapa blog competition ini juga menjalani pekerjaan di bidang traveling dengan menjadi media partner bagi beberapa dinas pariwisata daerah terutama terkait dengan penyelenggaraan festival-festival wisata dan budaya di Nusantara.

Donna Imelda berbagi pengalaman sebagai narasumber di beberapa seminar atau workshop seputar kegiatannya di bidang pendidikan, travelling dan penulis catatan perjalanan. Dan sebagai wujud kecintaannya ini juga, Donna Imelda bersama sahabat-sahabatnya mendirikan Indonesia Corners yang memiliki visi untuk menjadi situs rujukan tentang Indonesia sambil mengangkat kembali potensi pariwisata Indonesa sebagai daerah tujuan wisata dan budaya.

Lahir di Bandar Lampung, 18 Januari 1973, istri dari Agustinus Ahaddian Ginting dan ibu dari dua gadis remaja Rizka Farah Diba Dianti dan Hanifah Dianti Maharani kini masih bekerja penuh waktu sebagai dosen yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Jurusan Teknik Kimia, Universitas Jayabaya Jakarta.

Kini kebahagiaannya adalah bisa lebih banyak di rumah bersama keluarga dan anak-anaknya, punya kegiatan yang positif sebagai  volunteer pendidikan dan penulis catatan perjalanan, tanpa harus berhenti membagikan ilmu melalui profesinya sebagai dosen yang sudah dijalaninya sejak tahun 1999.

Salam metamorphjourney!
~donna~

  • #Repost @dwipanji (@get_repost)
・・・
"Seperti Matahari, Semasa menyinari" petikan lirik dari lagu ini seperti menggambarkan perasaan kami para relawan Kelas Inspirasi ketika dapat berbagi dengan adik-adik sekolah dasar di SDN 2 Pulau Moyo, Sumbawa saat itu, setiap kali bertemu mereka, perasaan hangat dan gembira itu selalu ada, semangat terus untuk teman-teman relawan KI dimanapun berada.

Terima kasih untuk kakak-kakak fasilitator @ki_sumbawa karena telah mendampingi dan membantu kami dengan sangat baik.

Video : Dwi Panji @dwipanji 
Drone : Harry
Song : Monita Tahalea - Kisah yang Indah @monitatahalea 
#KISumbawa3 #KelasInspirasiSumbawa #KelasInspirasi #PulauMoyo #Charity #Sharing #Caring
  • REDEFINING ME

2 jam perjalanan mengarungi lautan antara Sumbawa Besar dan Pulau Moyo memberi saya kesempatan sejenak untuk mencoba meredifinisikan kembali makna sebuah perjalanan hidup terutama untuk sisa waktu di usia yang tak muda lagi ini.
Ingin sekali memberi makna pada setiap keputusan agar setiap langkah dan pikir ini menjadi butir-butir tasbih di hadapan-Nya

Semoga
.
.
📷 Kak @awadrifky
.
.
#redefiningme #donnametamorphjourney #travelecturerlife #adofaniworld #volunteertrip #ayopelesiran #KIS3 #KelasInspirasiSumbawa3 #KelasInspirasiSumbawa #KISumbawa3 #KelasInspirasi #volunteering
  • Siapa yang gak jatuh cinta kalau sudah ditempel begini sama anak-anak dan dengar permintaan mereka, "Sabtu depan ibu datang lagi ya ke sekolah kami"
.
.
Hiks... Meleleh sayah
andai Pulau Moyo itu dekat, Nak....
.
.
#redefiningme #donnametamorphjourney #travelecturerlife #adofaniworld #volunteertrip #ayopelesiran #KIS3 #KelasInspirasiSumbawa3 #KelasInspirasiSumbawa #KISumbawa3 #KelasInspirasi #volunteering
  • Sumbawa selalu punya cerita manis buat saya, setelah #KelasInspirasiSumbawa2 di Kecamatan Utan beberapa tahun lalu, kali ini saya datang lagi untuk #KelasInspirasiSumbawa3 di Pulau Moyo.

Ada satu sekolah dasar di sana yang relawan #KelasInspirasi #KIS3 datangi yaitu SDN Pulau Moyo 2 selain dua SDN lainnya di Pulau Medang. Saya dan teman-teman yang ditempatkan di Pulau Moyo harus menyeberang dengan kapal motor sekitar 2 jam lamanya dari pelabuhan nelayan Mulut Kali di Sumbawa Besar untuk bisa berjumpa dengan anak-anak hebat di pulau yang pernah dikunjungi Lady Diana ini.

Anak-anak di sini cukup interaktif dan lincah sebagai mana anak-anak Indonesia lain seusianya. Cita-cita mereka rata-rata mau jadi tentara, polisi, guru dan dokter. Mereka tak tahu apa itu profesi dosen apalagi Dosen Teknik Kimia seperti saya.

Meski begitu saya tak berkecil hati, bahkan jadi sangat excited, karena itu berarti saya membawa sesuatu yang baru bagi mereka. Mereka jadi mengenal apa itu dosen yang sesungguhnya sama seperti guru mereka namun untuk siswa yang sudah "besar" yang disebut mahasiswa dan belajar di sekolah yang disebut kampus.

Bayangkan mata mereka yang membulat berbinar ketika melihat bagaimana kampus dan mahasiswa belajar melalui gambar sambil membunyikan vokal "Oooooo" dengan panjang. Bukankah itu sesuatu yang begitu membahagiakan.

Sungguh, saya seolah terbawa rasa, spontan doa mengangkasa, semoga semua anak-anak ini kelak akan sampai di jenjang pendidikan tertinggi di negeri ini

Suatu kisah, di Pulau Moyo
20 April 2019

#redefiningme #donnametamorphjourney #travelecturerlife #adofaniworld #volunteertrip #ayopelesiran #KIS3 #KelasInspirasiSumbawa3 #KelasInspirasiSumbawa #KISumbawa3 #KelasInspirasi #volunteering
  • Kembali ke Pulau Kenawa

Selalu ada alasan untuk kembali ke Sumbawa dan juga ada saja alasan yang membuat saya kembali ke Kenawa.

Pulau kecil ini mudah dicapai dengan perjalanan darat sekitar 2 jam dari Sumbawa Besar menuju Pelabuhan Pototano, disambung dengan perjalanan laut sekitar 15 menit dari dermaga nelayan Pototano.

Soal pemandangan, eksotisme yang didapat akan berbeda tergantung waktu atau musim apa kamu datang, bisa hijau royo-royo seperti foto ini atau nuansa coklat kekuningan saat musim kering.

Kalau kalian lebih suka yang mana? 📷 @dwipanji
  • Ekspektasi saya sederhana saat memulai perjalanan ke Nepal, menemukan petualangan baru dengan teman-teman baru namun ingin menikmati bukan hanya di mata namun menyesapnya hingga ke jiwa.

Itulah mengapa saya memilih bergabung dan berangkat bersama #BartzapTrip dalam #NepalCulturalTrip2019. Selain karena saya percaya betul bahwa @bartzap yang saya kenal selalu keren dalam urusan ngetrip, saya juga lagi gak pengen banyak mikirin urusan selain menikmatinya saja. Dan kedua hal itu klop banget selama 8 hari bersama. Perjalanan sesuai itinerary, setiap aktivitas berjalan santai dan menyenangkan, dan kita bisa menikmati setiap destinasi yang  didatangi

Tak ada yang kebetulan selain Allah memang merencanakannya untuk kita, sayapun bertemu teman2 baru yang asik, guide yang cool, dan alam yang bersahabat, membuat perjalanan ini menjadi memorable sekali.

Foto ini adalah satu dari puncak-puncak kebahagiaan kami dengan latar belakang puncak-puncak Himalaya di Sarangkot View Point.

Lihatlah wajah2 kami, gak ada yang gak happy khan. Termasuk wajah saya di foto paling depan, meski dengan pose standar "senyum dikit" yang saya punya hehehe.

Foto berikutnya adalah saya bersama teman-teman, bersama Bart, Santosh @encounter_himalaya yang menjadi guide kami selama di sana.

Thanks banget untuk 8 hari yang luar biasa, gaisssssh

#nepal #sarangkotviewpoint #himalaya #donnametamorphjourney
#traveladdict
#travelecturerlife #travelwriter #travelphotography #AyoPelesiran 📷 by @arvie_ramadhian @bartzap
  • Sharing session hari ini seru, ngobrolin soal Revolusi 4.0 dan profesi di era digital sekarang ini di depan ratusan siswa SMA dan SMK se-Jakarta.
Seneng karena animonya bagus cuma sayang aja selalu merasa diburu durasi. Untuk perempuan yang doyan nglenong kek saya kalau gak itungan jam gak pengen kelar rasanya hehehe.

#SharingisCaring #mediadigital #ttavelinfluencers #travelecturerlife #donnametamorphjourney
  • Ingin membawa blog dan kemampuan travel photography kamu  ke level berikutnya?  Yuuk ikut  Travel Blog and Travel Photography #Workshop bersama #IDCorners .

Tempat : Wok a sec 
Jl. Bendungan Hilir No.25A, RT.2/RW.1, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10210 .

Registrasi : mulai 8.30
Acara : 09.00 WIB

Tanggal : Minggu , 14 April 2019

Kamu akan bertemu dengan mereka yang sudah pakar di bidang masing-masing  @ayopelesiran dan @raiyanim. Atau boleh juga kepoin blog mereka. Lihat linknya di IG Bio mereka masing-masing yes...
—-📸
Masing-masing Peserta akan mendapatkan goodie bag dari @focusnusantara dan ada juga doorprize menarik dari @idcorners bagi yang beruntung. 
Stttt ada lomba Instagram nya juga loh, dengan hadiah Voucher makan dari Woc a Sek untuk berempat! jadi jangan sampai ketinggalan ya, Amankan seat mu 👌

Pendaftaran : bit.ly/travelworkshopidc
—-📸
.
#Ayobelajar
#travelphotography 
#travelblog 
#travelbloggerindonesia
@wokasec
@focusnusantara
#jakarta #workshop