Search here...
TOP

About Na!

 

About Na!

Sebagai seorang Dosen Teknik Kimia di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi dan industri tak menyurutkan kecintaannya terhadap dunia menulis yang telah ia miliki sejak kecil. Meski sempat vakum menulis beberapa tahun karena kesibukannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita bekerja, namun perkembangan teknologi terutama internet dan sosial media membawanya kembali ke dunia menulis sejak tahun 2007.

Sharing, traveling, capturing moments, writing dan volunteering adalah beberapa kata kunci yang menggambarkan passion seorang Donna Imelda. Tak heran bila dalam kesehariannya, perempuan ini gemar sekali menghadirkan momen-momen istimewa dan inspiratif baik yang didapatkan dari kegiatannya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan dosen, dari dunia volunteering yang digelutinya, dan dari setiap perjalanannya ke banyak tempat sebagai travel writer dan public speaker. Wanita yang pernah menjadi nominasi 10 besar Srikandi Blogger 2014 Kumpulan Emak-Emak Blogger ini membagikannya dalam bentuk tulisan dan foto yang tersebar di beberapa situs dan media sosial.

Donna Imelda yang pernah diangkat sebagai Perempuan Inspiratif di Majalah Anakku dan Majalah Online Blogger Perempuan ini sangat menyukai kegiatan traveling, baik ke daerah-daerah di Indonesia maupun ke beberapa negara di luar Indonesia. Hal inilah yang menjadi jantung setiap tulisan-tulisannya yang bisa dibaca di situs pribadinya di www.donnaimelda.com atau di travel website miliknya di www.AyoPelesiran.com. Catatan perjalanannya juga menghiasi beberapa media cetak dan majalah online seperti Kalstar In-flight Magazine dan Male Emporium Asia Magazine.

Perjalanan menulis catatan perjalanan telah membawanya menjadi pemenang dalam kompetisi Travel Blogger dunia di ajang Kerala Blog Express 2 World Competition yang diselenggarakan oleh Departemen Pariwisata India. Menjadi satu di antara 30 travel blogger dari 21 negara lainnya, Donna Imelda berhak mewakili Indonesia mengunjungi Kerala di India Selatan selama dua minggu dengan fasilitas akomodasi penuh.

Perempuan yang  memperoleh kemenangan di beberapa blog competition ini juga menjalani pekerjaan di bidang traveling dengan menjadi media partner bagi beberapa dinas pariwisata daerah terutama terkait dengan penyelenggaraan festival-festival wisata dan budaya di Nusantara.

Donna Imelda berbagi pengalaman sebagai narasumber di beberapa seminar atau workshop seputar kegiatannya di bidang pendidikan, travelling dan penulis catatan perjalanan. Dan sebagai wujud kecintaannya ini juga, Donna Imelda bersama sahabat-sahabatnya mendirikan Indonesia Corners yang memiliki visi untuk menjadi situs rujukan tentang Indonesia sambil mengangkat kembali potensi pariwisata Indonesa sebagai daerah tujuan wisata dan budaya.

Lahir di Bandar Lampung, 18 Januari 1973, istri dari Agustinus Ahaddian Ginting dan ibu dari dua gadis remaja Rizka Farah Diba Dianti dan Hanifah Dianti Maharani kini masih bekerja penuh waktu sebagai dosen yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Jurusan Teknik Kimia, Universitas Jayabaya Jakarta.

Kini kebahagiaannya adalah bisa lebih banyak di rumah bersama keluarga dan anak-anaknya, punya kegiatan yang positif sebagai  volunteer pendidikan dan penulis catatan perjalanan, tanpa harus berhenti membagikan ilmu melalui profesinya sebagai dosen yang sudah dijalaninya sejak tahun 1999.

Salam metamorphjourney!
~donna~

  • Bukaaaan, ini bukan medali aku. Ini medali yang disiapin untuk peserta Sun Life Resolution Run yang start tadi pagi di ICE BSD Tangerang.
Jadi ingat kalau sedang menantang diri sendiri untuk hidup lebih sehat dan mulai berolahraga.Salah satunya ikut event2 lari kek gini kalik ya.

Gak harus karena ingin jadi pemenang sih, karena sejatinya kemenangan adalah kemampuan untuk mengalahkan diri sendiri, salah satunya mengalahkan rasa malas berolahraga.

Kalau kamu gimana? Apa arti kemenangan bagi kamu?

#LebihBaik
#LiveHealthierLives #ResolutionRunID @sunlife_id
  • Lalu apa bedanya Sun Life Resolution Run dengan event2 lain sejenis?
Bagi saya ini keren karena seluruh biaya pendaftaran dari peserta akan didonasikan seluruhnya untuk membantu peningkatan kesehetan masyarakat terkait dengan diabetes.
Saya sendiri secara genetik punya riwayat keluarga dekat yang mengalami diabetes, tentunya harus aware dengan pembunuh nomer tiga di Indonesia ini.

Oh ya kemarin di event pressconf Sun Life Resolution Run saya juga sempatkan periksa kadar gula yang disediakan secara gratis dan alhamdulillah hasilnya bagus.

Kalau kamu, kapan terakhir cek kadar gula darahmu?

#LebihBaik
#LiveHealthierLives #ResolutionRunID @sunlife_id
  • Kalau ditanya apa resolusi tahun 2019, aku sih jawabnya gak muluk-muluk, 3 hal saja yaitu mampu meletakkan seluruh kegiatan dengan Allah sebagai alasan utama, pengen lebih sehat dengan memperbaiki gaya hidup, pola makan dan olahraga serta punya bisnis keluarga.

Kalau kamu, bikin resolusi apa untuk tahun ini?

#LebihBaik
#LiveHealthierLives #ResolutionRunID @sunlife_id
  • Satu dari Jakarta, satu dari Semarang, ketemunya di Bogor demi bisa senyum begini. Karena senyum virtual cukup di WA saja hahaha.
  • Jeda Ruang Waktu

#donnametamorphjourney #hudaibiyah
  • Ada cinta di Jabal Rahma
26 Desember 2018

#donnametamorphjourney #mecca #umroh2018
  • Hati saya meleleh, melihat mereka bergandengan tangan, mengayunkan genggaman ke depan dan ke belakang sambil mengalunkan barisan puji dengan irama yang menyejukkan hati. "subhanallah, walhamdulillah, walaa illaaha illalah, allahu akbar, wala haula wala quwwata illa billah, aliyyil azim" begitu berulang di sela doa lain sepanjang Shafa dan Marwah.
Duh... Masih terngiang irama itu.

Sesekali mereka menoleh ke belakang, memastikan bundanya ada di belakang dan melontarkan senyum sebagai konfirmasi semua baik-baik saja lalu melanjutkan langkah Sai mereka. Sebaris doa pun terlantun, semoga mereka akan terus begitu, sepanjang hayat "bergandengan" tangan, saling sayang, saling jaga, saling mengingatkan dan terus berbagi kebajikan.

#adofaniworld #donnametamorphjourney
  • 24 Desember 2018
Hari pertama perjalanan Umroh kami dihabiskan di airport dan pesawat. Dari Jakarta kami menggunakan maskapai Air Asia menuju Singapore dan transit cukup lama sebelum berangkat ke Jeddah menggunakan maskapai penerbangan Saudi Airlines.

Transit yang cukup lama di Singapore memungkinkan anak-anak untuk menikmati Changi Airport yang kebetulan sedang menyajikan miniatur setting film Harry Potter. Mereka yang memang fans berat buku dan filmnya tentu saja tak melewatkannya.

Tim Musahefiz --travel yang mengurusi umroh kami-- kebetulan menjadwalkan umroh kami langsung dilaksanakan setibanya kami di Mekkah tanggal 25 Desember 2018. Jadi di Singapore kami semua para jamaah sudah menggunakan pakaian ihrom sesaat sebelum boarding ke pesawat. Sedangkan miqot kami lakukan di dalam pesawat sekitar 30 menit sebelum pesawat landing dan diinformasikan oleh Tour Leader kami dan layar monitor yang ada di bagian belakang di bangku pesawat.

Tantangannya adalah bagaimana menjaga kesucian pakaian selama perjalanan, aku wanti-wanti banget ke anak-anak dan suami jangan sampai pakaian mereka terkena najis terutama bila mereka buang air ke toilet, maklumlah toilet pesawat itu ukurannya kecil dan kami terbang cukup panjang, sekitar 8 jam dari Singapura menuju Jeddah.

Kalau capek sih belum terasa, selain karena masih hari-hari pertama, rasa rindu yang membuncah membuat kami excited untuk segera melihat Kakbah. Segala doa kami lantunkan, meminta agar perjalanan kami diberkahi, sehat, selamat, dan diberi kelancaran.

Meski diupayakan sebanyak mungkin tidur untuk menyimpan tenaga, tak urung pikiran tetap saja melayang kemana-mana. Berulang kali melihat ke layar yang menyajikan rute perjalanan terbang kami. Takjub sendiri betapa sepertiga gambar bola dunia menjadi rute yang kami arungi di udara, sebagian besar bahkan di atas samudera nan begitu luas.

Ah, betapa kecilnya kami. Kalau sudah begini, yang diingat adalah, "jadi apa yang ingin kamu sombongkan di muka bumi, Donna?"
.
.
#changi #cgk-sin #umroh #donnametamorphjourney