Search here...
TOP

About Na!

 

About Na!

Sebagai seorang Dosen Teknik Kimia di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi dan industri tak menyurutkan kecintaannya terhadap dunia menulis yang telah ia miliki sejak kecil. Meski sempat vakum menulis beberapa tahun karena kesibukannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita bekerja, namun perkembangan teknologi terutama internet dan sosial media membawanya kembali ke dunia menulis sejak tahun 2007.

Sharing, traveling, capturing moments, writing dan volunteering adalah beberapa kata kunci yang menggambarkan passion seorang Donna Imelda. Tak heran bila dalam kesehariannya, perempuan ini gemar sekali menghadirkan momen-momen istimewa dan inspiratif baik yang didapatkan dari kegiatannya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan dosen, dari dunia volunteering yang digelutinya, dan dari setiap perjalanannya ke banyak tempat sebagai travel writer dan public speaker. Wanita yang pernah menjadi nominasi 10 besar Srikandi Blogger 2014 Kumpulan Emak-Emak Blogger ini membagikannya dalam bentuk tulisan dan foto yang tersebar di beberapa situs dan media sosial.

Donna Imelda yang pernah diangkat sebagai Perempuan Inspiratif di Majalah Anakku dan Majalah Online Blogger Perempuan ini sangat menyukai kegiatan traveling, baik ke daerah-daerah di Indonesia maupun ke beberapa negara di luar Indonesia. Hal inilah yang menjadi jantung setiap tulisan-tulisannya yang bisa dibaca di situs pribadinya di www.donnaimelda.com atau di travel website miliknya di www.AyoPelesiran.com. Catatan perjalanannya juga menghiasi beberapa media cetak dan majalah online seperti Kalstar In-flight Magazine dan Male Emporium Asia Magazine.

Perjalanan menulis catatan perjalanan telah membawanya menjadi pemenang dalam kompetisi Travel Blogger dunia di ajang Kerala Blog Express 2 World Competition yang diselenggarakan oleh Departemen Pariwisata India. Menjadi satu di antara 30 travel blogger dari 21 negara lainnya, Donna Imelda berhak mewakili Indonesia mengunjungi Kerala di India Selatan selama dua minggu dengan fasilitas akomodasi penuh.

Perempuan yang  memperoleh kemenangan di beberapa blog competition ini juga menjalani pekerjaan di bidang traveling dengan menjadi media partner bagi beberapa dinas pariwisata daerah terutama terkait dengan penyelenggaraan festival-festival wisata dan budaya di Nusantara.

Donna Imelda berbagi pengalaman sebagai narasumber di beberapa seminar atau workshop seputar kegiatannya di bidang pendidikan, travelling dan penulis catatan perjalanan. Dan sebagai wujud kecintaannya ini juga, Donna Imelda bersama sahabat-sahabatnya mendirikan Indonesia Corners yang memiliki visi untuk menjadi situs rujukan tentang Indonesia sambil mengangkat kembali potensi pariwisata Indonesa sebagai daerah tujuan wisata dan budaya.

Lahir di Bandar Lampung, 18 Januari 1973, istri dari Agustinus Ahaddian Ginting dan ibu dari dua gadis remaja Rizka Farah Diba Dianti dan Hanifah Dianti Maharani kini masih bekerja penuh waktu sebagai dosen yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Jurusan Teknik Kimia, Universitas Jayabaya Jakarta.

Kini kebahagiaannya adalah bisa lebih banyak di rumah bersama keluarga dan anak-anaknya, punya kegiatan yang positif sebagai  volunteer pendidikan dan penulis catatan perjalanan, tanpa harus berhenti membagikan ilmu melalui profesinya sebagai dosen yang sudah dijalaninya sejak tahun 1999.

Salam metamorphjourney!
~donna~

  • Jangan pernah mengatakan, Oh I hate Monday.

Dulu aku sering banget bilang gitu, "ya ampuuun udah Senin lagi, pengennya weekend terus, libur terus, santai-santai terus". Hingga suatu hari tersadar bahwa di setiap pagi yang datang sesungguhnya adalah anugerah buat kita.

Betapa banyak mereka yang tak lagi berkesempatan melihat hari Senin, betapa banyak mereka yang sudah tak lagi bisa menghirup udara pagi di awal pekan. Dan yang paling menampar saya adalah kalimat yang mengatakan bahwa betapa banyak mereka yang sudah meninggalkan kita ingin kembali ke dunia hanya untuk memperbaiki diri dan beribadah.

Jadi kalau hari ini kita masih bertemu dengan Senin, apalagi dalam sehat dan bisa beribadah, wajib bagi kita mensyukurinya. Karena itu berarti, di setiap pagi yang menghampiri, masih ada kesempatan untuk kita berbuat kebajikan dan berbenah, seraya menebus kesalahan-kesalahan masa lalu yang pernah kita buat.

Banyak ulama mengatakan, perbaikilah sisa hidupmu, maka Allah akan memperbaiki masa lalumu. Insyaa Allah

So..., selamat pagi, Sahabat. Selamat hari Senin, selamat menjemput keberkahan.
Ada rencana apa, Senin ini?
.
.
#KajiPagi #kontemplasi #SambutHari #donnametamorphjourney #travelecturerlife #adofaniworld #pelesiranrasa #ayopelesiran #orchidforestcikole #bandung #westjava #indonesia
  • Gegayaan nungguin lapak, mumpung si bapak yang susah diajak foto berdua lagi mau.  Jarang-jarang mau foto ala-ala kalau gak lagi kesambet (baca: kalau mood-nya bagus) hehehe.

Ada yang punya pasangan kek saya gak?
Tosss dulu dong kita!

#couplegoals #donnametamorphjourney #travelecturerlife #AdofaniWorld #adofanitrip #ayopelesiran #amazingartworldbandung #pelesiran
  • Sesungguhnya saya tumbuh sebagai pribadi yang sulit, minderan, pesimis, mudah terdistraksi, introvert dan pemilih. Hingga suatu saat setelah dewasa saya menemukan orang-orang dan lingkungan yang membuat saya memutuskan untuk berubah dan bertumbuh menjadi pribadi yang optimis dan menyenangkan, punya impian dan berani mewujudkannya.

Pengaruh lingkungan dan orang-orang yang sevisi memang sangat menentukan ditambah dengan buku-buku pengembangan diri yang  sejak keputusan itu saya lahap satu per satu. Begitu terus selama bertahun-tahun sampai hari ini. Hal ini yang kemudian saya tularkan pada anak-anak dengan menciptakan lingkungan yang sehat untuk mereka bertumbuh, bukan hanya raganya tapi juga jiwanya.

Anak-anak mengenal baik teman-teman bundanya, baik lewat cerita maupun bertatap muka langsung. Mereka belajar banyak dari orang-orang di sekitarnya. Begitu juga buku-buku koleksi saya yang ketika saya beli tak pernah terpikir akan satu per satu mereka lirik dan mereka baca tanpa diminta. Tahu-tahu mereka bercerita tentang buku yang mereka baca dan mengalirlah diskusi-diskusi ringan setelahnya. Sungguh sebuah momen yang paling nikmat sebagai seorang ibu.

Jadi memang ada kebahagiaan tersendiri melihat #anakgadisku membaca buku ini di Stasiun Sukabumi saat menanti Kereta Pangrango  yang akan membawa kami kembali ke Jakarta. Buku ke sekian yang mereka ambil dari rak buku ibunya. Buku yang membuat mereka tumbuh jadi pribadi yang mudah, menyenangkan, dan memiliki impian yang kuat.
Semoga buku-buku ini akan membekali mereka menjadi pribadi yang hebat dan bermanfaat bagi orang lain.

Saya lalu ingat sebuah kalimat, mungkin benar apa yang dikatakan orang bijak, "akan menjadi apa dirimu 5 tahun yang akan datang tergantung pada apa yang kamu baca, apa yang kamu dengar dan dengan siapa kamu berkumpul"

Jadi, buku apa yang sedang kamu baca saat ini?

Stasiun Sukabumi
12.06.2019
Saat seorang ibu memandang anaknya dengan penuh cinta.

#inspiringbook #booklovers #maketodaycount #maxwell #JCmaxwell #selfdevelopment #peopleskill #characterbuilding #bookaddict #trainstation #sukabumi #westjava #donnametamorphjourney #adofaniworld #travelecturerlife #ayopelesirantrip #ayopelesiran
  • Kadung tiap jalan sama anak kameraku dipastikan pindah tangan ke mereka padahal masing-masing sudah dilungsurin kamera. Ya sudahlah sekalian saja aku aji mumpung lalu sering2 bilang, "coba nak, ambil foto bunda dulu"
Lalu aku pose deh meski dengan gaya standar.

Gimana? Lumayan khan? .
.
Sukabumi hari ini
12.06.19
Masih dalam rangka menikmati Bulan Syawal
.
.
#ayopelesiranxadofanifamily #donnametamorphjourney #travelecturerlife #adofaniworld #ayopelesirantrip #ayopelesiran #dolcegelatosukabumi #sukabumi #westjava #indonesia
  • Pengen banget punya foto berempat lalu iseng mampir ke studio foto saat hendak berangkat.silaturahmi lebaran kemarin. Gak sempat kompak2in baju supaya keliatan kompak dan seragam. Tapi suka aja dengan hasil fotonya, pengarah gayanya pinter yang membuat hasil fotonya dikomentari anak-anak dengan kalimat, "ini mah kita banget ya, bun!"
.
.
Belum sempat sih cek karakter pake metode MBTI buat anak-anak. Tapi lewat metode cek personality yang selama ini aku percaya, ya begitulah kami. @rizkafarah27 misalnya, my sanguin ini ya emang begitu, easy going dan menyenangkan meski kurang ter-organized. Selalu seru dan bersemangat dengan banyak hal terutama hal baru.
Beda banget dengan @hanifahdianti yang dominan melankolis dengan segala keteraturan, penuh perencanaan dan kehati-hatian. Senang berpikir dan menganalisis. Oh ya, Rani memang cenderung feminin dibanding Diba yang maskulin.
Sementara Si Ayah yang plegmatis tetap dengan wajah damai yang kadang bikin gemes dengan caranya melihat dunia yang seolah semua baik-baik saja. Anyway... Ada yang bisa nebak karakter Si Bunda yang setia dengan pose jaimnya di setiap foto?
.
Hasil test MBTI sih ISFJ hehehe. Bener gak?.
.
#donnametamorphjourney #adofanifamily #lebaran2019 #syawal1440h #familyportrait
  • Meski bukan sosok yang sempurna, mereka berdua adalah role model hidup saya. 50 tahun lebih sudah, melalui pernikahan emas dengan 4 anak dan 6 cucu dalam sehat. Alhamdulillah.

Melihat mereka sungguh saya iri dan ingin seperti mereka. Di balik semua keinginan, tak banyak yang saya minta untuk hari tua saya insyaallah kelak. Bisa tetap sehat seperti mereka, punya kehidupan yang berkualitas, kumpul dan traveling bareng pasangan dan atau anak dan cucu adalah sebuah dambaan.

Di suatu siang, saya memandang mereka dari kejauhan dan mensyukuri kebersamaan yang indah, termasuk mensyukuri telah lahir sebagai anak dari kedua orang hebat ini.  Satu foto candid terekam di slide pertama, sebelum satu foto kedua dengan wajah sumringah mereka terambil saat saya menyapa, "Mom,  Dad... Say Haiiii!
.
.
Dan inilah foto mereka, orangtua paling juara sedunia! 
Oh, I love them so much!
.
.
Orchid Forest Cikole
4 Syawal 1440 H

#liburlebaran #familytrip #couplegoals #adofanitrip #ayopelesiran #donnametamorphjourney #travelecturerworld #orchidforest #cikole #lembang #bandung #westjava
  • Meski sudah bertahun-tahun tanpa asisten rumah tangga untuk mengurus rumah dan keluarga, namun ada waktu-waktu tertentu saya ingin bersantai di rumah namun tanpa pakai acara beres-beres dulu. 
Tapi perempuan moody seperti saya ya susah juga untuk bersantai dengan kondisi rumah yang berantakan. Malah jadi bad mood dan bawaannya jadi kesal sama orang rumah. Gak asik khan.

Zaman dulu bisa sih cari infal ART, tapi ya agak repot karena kalau pakai art infal dari penyalur biasanya prosedurnya ribet dan biayanya terasa mahal. Tapi sekarang mah gampang, tinggal buka aplikasi GO-LIFE @golifeindonesia, lalu pilih layanan GO-CLEAN @gocleanindonesia, dan jeng jeng... penyedia jasa layanan akan datang ke rumah dan saya bisa duduk manis bersantai sampai rumah beres dan bersih.

Asik banget khan #CariKebaikan?! Karena kedua belah pihak sama-sama happy, penyedia jasa senang karena dapat rezeki dan kita pengguna jasa layanan juga senang karena sangat terbantu membersihkan dan merapihkan rumah. Yuk saling berbagi #HanyaKebaikan.

Nah, kamu juga pernah mengalami seperti yang aku alami, pengen santai tapi rumah tetap beres? Cobain deh GO-CLEAN. 
Bagaimana cerita lengkap pengalaman saya menggunakan jasa GO-CLEAN, baca di blog saya ya di link ini dan kalian bisa gunakan jasa GO-CLEAN dengan harga khusus.  Jangan lupa masukkan kode referral yang saya cantumkan pada blog yaaaa.

Selamat mencoba!
@golifeindonesia @gocleanindonesia #CariKebaikan #HanyaKebaikan
  • #Repost @rberbagi_ilmu (@get_repost)
・・・
Open Recruitment!
Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba! Pendaftaran kolaborasi kegiatan RuBI x PPI Dunia (bersama dengan PPI Belanda) secara resmi telah dibuka.

Daftarkan dirimu segera melalui link berikut ini:
Pendaftaran relawan narasumber:
http://bit.ly/NarsumRUBIPPID2019

Pendafraran relawan dokumentasi: http://bit.ly/DokumRUBIPPID2019

Kami tunggu ya pendaftarannya. Kami sudah tidak sabar untuk menyambut teman-teman sekalian untuk menjadi bagian dari kolaborasi ini.

Silahkan terus pantau instagram @ppidunia @ppibelanda dan @rberbagi_ilmu untuk mendapatkan informasi terkini dari kami! #PPIDxRUBI #RUBIPPIDunia #PPIDuniaPPIBelanda #BerbagiIlmu #PPIPulangKampung