Search here...
TOP
Woman's Thought

How to Manage Your Money in Jenius Way

Unless you control your money, making more won’t help. You’ll just have bigger payments

Bener banget gak sih kutipan di atas? Saya sih mengangguk-angguk tanda menyetujui kalimat di atas. Mungkin karena punya pengalaman pribadi yang kurang lebih mirip. Pendapatan bertambah namun tetap saja tabungan gak punya, investasi apalagi hehehe. Jadi benarlah kutipan di atas bahwa tanpa adanya kendali atas uang kita, maka berapa pun uang yang mampu kita hasilkan hanya akan membuat pengeluaran kita bertambah.

Kehadiran Budi Raharjo –Certified Financial Planner–  di Menara BTPN lantai 27 tanggal 11 Juli 2018 kemarin seolah mengingatkan kembali pentingnya mengelola keuangan. Bukan tanpa sengaja, melihat info adanya acara Financial Literacy Series Vol.1 tentang How to Manage Your Money in Jenius Way yang diselenggarakan oleh BTPN, Jenius Co-Create dan Indorelawan ini, saya pun serta merta mendaftar. Lumayan nambah ilmu mumpung ada waktu saat masih libur semester.

Budi Raharjo  mengatakan bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia memang masih rendah. Salah satunya adalah karena literasi keuangan belum menjadi bagian kurikulum yang diajarkan di sekolah. Meskipun pengetahuan tentang manajemen keuangan ini bisa dipelajari di luar bangku sekolah, namun selalu ada gap yang cukup besar antara knowledge dan action. Meski tahu, belum tentu mau melakukan. Berbeda dengan negara tetangga Singapore misalnya yang tingkat literasi keuangannya mencapai 90%.

Mengelola keuangan itu memang  butuh pengorbanan. Butuh ketekunan untuk mencatat semua pengeluaran, butuh komitmen untuk melakukan apa yang direncanakan, termasuk menunda kesenangan.

Mengelola keuangan itu memang  butuh pengorbanan. Butuh ketekunan untuk mencatat semua pengeluaran, butuh komitmen untuk melakukan apa yang direncanakan, termasuk menunda kesenangan, berhemat secara cerdas dan menghasilkan surplus. Karena kalau gak surplus, ya tak ada yang bisa dikelola. Untuk mendapatkan surplus, pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran. Bukan selalu pengeluarannya yang diperkecil sih, tapi pendapatannya juga diperbesar dan dikelola.

Secara sederhana, inti mengelola adalah bagaimana mengatur pengeluaran dan bisa saving serta investasi. Beda lho antara saving dan investasi, yang satu menyimpan dan yang satunya menghasilkan uang.  Untuk itu setiap orang perlu memiliki kecerdasan finansial, yang oleh Budi Raharjo dikatakan ada lima kecerdasan finansial yaitu,

1. Kecerdasan menciptakan uang
2. Kecerdasan membelanjakan uang agar surplus
3. Kecerdasan mengelola surplus menjadi berkembang
4. Kecerdasan melindungi uang kita
5. Belajar terus berinvestasi

Lalu pertanyaannya, mulai dari mana? Budi Raharjo mengatakan bahwa kita harus tahu dulu bagaimana kesehatan keuangan kita. Cek deh,

  • Berapa penghasilan kita per bulan, berapa pula per tahunnya plus bonus, THR, gaji ke sekian belas hehehe
  • Bagaimana kondisi penghasilan kita, aktif atau pasif, naik atau turun.
  • Ke mana selama ini penghasilan tersebut dibelanjakan. Itulah gunanya pencatatan agar kita tahu, jangan-jangan terlalu banyak untuk jajan di luar atau belanja online.
  • Pelajari polanya agar dapat bersiap, harus tahu kapan pengeluaran lebih besar dari biasanya, misal saat lebaran, naik kelas dan liburan sekolah, libur akhir tahun, jatuh tempo pajak kendaraan dll

Nah bagaimana soal tabungan dan utang atau cicilan, cek deh!

  • Berapa besar cicilan yang kita punya saat ini, misal kendaraan, rumah, gawai, dst. Berapa total.
  • Berapa sisa saldo utang dan kapan selesai
  • Berapa rasio utang anda terhadap penghasilan
  • Berapa yang mampu anda tabung per bulannya

Rasio utang yang sehat itu tidak boleh lebih dari 35% penghasilan. Dengan catatan, itu diperbolehkan kalau penghasilan anda minimal lebih dari 3 kali UMP. Nah kalau penghasilan masih 1 kali UMP, ya gak boleh punya utang dulu, karena seluruh penghasilan masih diperlukan untuk biaya hidup sehari-hari. Nah,bila penghasilan anda besarnya 2 kali  UMP, anda bisa memiliki utang sekitar 20 persen saja. Tapi kalau saya mah sebisa mungkin gak punya utang ya hehehehe.

Sekarang soal tabungan. Sebaiknya setiap orang memiliki tabungan dengan jumlah minimal 10 persen dari penghasilan. Tapi itu idealnya bila saat ini usia anda 20 tahunan heheh. Nah kalau udah 30 tahun lebih ya gak segitu, bahkan idealnya mencapai 45 persen, karena kita waktu yang kita miliki untuk sampai di usia pensiun makin pendek, dan tabungan itu diperlukan untuk bisa menikmati hidup di usia pensiun dengan sejahtera. Ini kita belum bicara soal investasi ya. Hmm… nanti ya belajar lebih lanjut di volume kedua.

Bagaimana dengan Anda

Saya membagi penghasilan menjadi 4 pos utama yaitu, charity, lifestyle, saving dan daily. Besaran masing-masing pos menggunakan persentasi dari penghasilan, yang besarnya bisa fleksibel atau berubah-ubah sesuai kondisi keuangan. Dulu di awal menata keuangan saya hanya mampu dengan urutan persentasi 10, 20, 0, 70. Lalu dengan bertambahnya penghasilan dan makin baiknya pengelolaan keuangan kami bisa merubah besaran persentasi masing-masing.

Jadi setiap gajian atau setiap mendapatkan uang entah itu honor menulis atau honor-honor pekerjaan saya lainnya, saya langsung membaginya di awal. Jadi ya dibelanjakan sesuai dengan uang yang ada di pos masing-masing. Lumayanlah, kalau kita disiplin mengelola dan tahu untuk apa saja uang itu dikelola. Alhamdulillah hasil dari menata keuangan, setahun belakangan saya bisa membuat alokasi persentasi yang sama besar antara saving dan daily dan tetap mempunyai alokasi  20% untuk traveling, hangout dan belanja-belanja lucu.

Namun begitu, masih banyak yang perlu dibenahi sih, saya masih belum mampu berinvestasi.  Selain jumlahnya yang masih sedikit untuk diinvestasikan, saya juga masih bingung investasinya dalam bentuk apa yang paling aman dan halal tentu saja. Selama ini masih sederhana saja, kalau ada ada rezeki lebih, saya tukarkan uang saya dengan logam mulia dalam bentuk dinar. Pertimbangannya sederhana saja, karena kemudahan untuk mendapatkan dan mencairkan bila diperlukan dan aman secara syariat. Makanya pengen juga belajar soal investasi.

Nah, sebagai penutup tulisan ini, Budi Raharjo juga menyampaikan inti atau kesimpulan pemaparan beliau, yaitu

Cek kesehatan keuangan anda, jujur pada diri sendiri kalau memang gak sehat. Perencanaan keuangan itu memang berat, namun beranilah mengambil langkah penguatan meski dari hal-hal atau jumlah yang kecil.

Selamat Mencoba

Salam!

«

»

1 COMMENT

  • Inna Riana

    aduh iya kudu cek n ricek, tung itung itung… makasi udah mengingatkan, mba donna

what do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Merawat persahabatan

Metamorfosa sebuah pertemanan. Dari zaman putih merah sepeda2an dan belajar kelompok, terpisah jarak dan waktu hingga kemudian dipertemukan setelah sama dewasa.

Pertemuan demi pertemuan pun bermetamorfosa, dari sekadar say hello, roman menyek remeh temeh, berbalas bully hingga aneka proyek ngecat langit.

Tak berharap persahabatan ini diuji dengan uang dan kepentingan, cukup waktu saja bergulir dan kami tetap menyempatkan diri bersilaturahmi. Meski dua diantaranya di Jakarta dan satu kini di Magelang.

Jadi "ngopi" di mana lagi kita habis ini?

#friendship #bestfriend #travelecturerlife #travelecturerworld
  • Ada cerita di balik senyum yang nanggung ini.

Tantangan traveling saat winter ya suhu udara yang dingin itu. Saya sih udah menyiapkan diri. Hampir seluruh bagian tubuh aman dari terpaan dingin. Di bawah coat panjang itu tubuh sudah dilapis dengan longjhon extra warm, dilapis lagi dengan kaos yang juga berbahan heattech, dilapis lagi dengan vest ultra light down. Amaaaan deh pokoknya. 
Cuma satu yang mengganggu, urusan hidung! Udara dingin yang terhisap setiap saya bernafas itu, dinginnya kebawa kek sampai ke kerongkongan. Sedikit menyiksa sih. Tuh liat hidungnya udah merah jambu hahaha.

Aslinya mah saya lilit2 wajah agar hidung tertutup dengan syal dan hanya saya buka kalau berfoto. Tapi ya gitu deh, teteeeup... Senyumnya nanggung pas difoto hahaha

Kalau kamu barang apa yang wajib dibawa ke tempat dingin? 
#travelecturerlife #donnametamorphjourney #winter #bluemosque #istanbul #turkiye #ayopelesiran #travelwriter #travelbloggerindonesia #indonesiantravelblogger #traveladdict #travelphotography #womantraveler
  • Gunung atau laut? Daerah dingin atau hangat? Winter atau summer?
Saya sebenarnya gak terlalu picky soal destinasi meski gak juga memilih yang ekstreem. Cukup tau diri sejauh mana tubuh bisa beradaptasi.

Sejauh pengalaman yang gak enak yang pernah saya alami di sebuah destinasi biasanya karena dua hal, karena kurang persiapan atau terjadi hal-hal di luar kekuasaan.

Sebagai makhluk tropis saya memang lebih mudah beradaptasi dengan suhu cuaca yang tinggi dibanding pada temperatur rendah. Namun tetap tertarik untuk mengunjungi negeri-negeri lain kala musim dingin. Kalau udah bersiap sih ya baik-baik saja dengan cuaca dingin meski hingga suhu minus. Kata kuncinya ya well prepared.

Etapi pernah lho saya mengalami dingin yang bikin kapok justru di Indonesia, saat melewati malam di Bromo karena gak well prepared. Waktu itu cuma bawa jaket yang hanya untuk menghangatkan biasa eh ternyata pas mau berangkat kehujanan di Probolinggo, dan bulan itu adalah puncak musim dingin di Bromo. Saya benar2 gelisah menanti pagi tiba, rasanya udah gak tahan deh dan kapoknya sampai sekarang hahaha.
Bukan kapok ke daerah dingin tapi kapok pergi gak dengan persiapan yang matang.

Kalau kamu pernah mengalami hal yang gak enak terkait cuaca saat traveling?

Wanna share?

#travelecturerlife #donnametamorphjourney #ayopelesiran #travelwriter #travelbloggerindonesia #indonesiantravelblogger #traveladdict #travelphotography #womantraveler
  • REBORN

Setahun terakhir mendidik diri untuk menganggap semua yang hilang, yang pergi, dan yang tak mampu di raih memang Allah takdirkan bukan untuk diri.

Gak mudah, sungguh gak mudah. Meski rasanya semua dilakukan memang dari hati dan tak berharap pamrih tapi tak urung ada nyeri ketika seolah semua yang pernah terjadi tiada arti.

Menyesal rasanya membawa itu kemana-mana sebagai beban hingga penatnya bagai kehilangan kemampuan menjadi yang terbaik versi saya sendiri seperti sebelumnya.

Lalu teringat sebuah pepatah sederhana, bahwa ketika kita berani membuka tangan dan melepas apa yang tadinya kita genggam erat, bukankah itu berarti kita membuka tangan untuk banyak hal baru tuk diraih.

Bukankah Allah menjanjikan, untuk apa-apa yang hilang dan pergi, Ia menyiapkan ganti yang lebih baik.

Kalian pernah mengalami hal yang sama?
.
#donnametamorphjourney
#travelecturerlife
#travelecturer
#traveladdict
#womantraveler #yourtravelmate #snow #snowrain #travelbloggerindonesia #travelwriter #uludag #bursa #turkiye
  • Suatu kesempatan yang langka bisa barengan ngetrip jauh begini. Secara anak-anak sibuk sekolah, bunda dan mamie cantik sibuk kerja. Ngumpul di Jakarta aja jarang, kudu ada acara khusus. 
Maka... Masih seneng aja lihat foto ini, suka banget dengan ekspresi berempat, gabungan antara excited, happy dan kedinginan hahaha

Yuk, lanjut timpuk2an salju xixixi

#familytrip #mendaughternsister #meandmydaughter #meandmysister #qualitytime #winter #uludagh #bursa #turkiye #donnametamorphjourney
  • Ketika saya sudah kalah tinggi dari mereka, padahal saya termasuk perempuan dengan tinggi di atas rata-rata perempuan seumur saya,
Ketika dalam perjalanan saya tak lagi dipusingkan dengan urusan koper dan pakaian mereka, 
Ketika mereka sudah bisa ikut menyusun itinerary perjalanan bahkan hingga ke detil venue yang didatangi,
Ketika mereka sudah bisa jadi fotografer buat saya,
Saat itulah liburan bersama mereka bukan lagi perjalanan "momong anak" tapi sebuah keseruan bersama dua travelmate" .
=============================
.
.
Bagi teman AyoPelesiran yang pengen jalan-jalan ke Turki, baik bersama keluarga maupun teman tapi gak pengen repot,  feel free to contact us ya. Because #weareyourtravelmate #yourtravelmate #AyoPelesiran akan bikinkan paket yang asik buat kalian
.
.
==============================
.
.
#winter #ayasofia #hagiashopia #istanbul #turkiye #adofanitrip #endyearholiday #familyholiday
#familytrip #qualitytime #daughter #ayopelesirantrip #privattour #paketwisatamurah #paketwisataturki #wisataturkimurah #ayopelesiran
  • #donnametamorphjourney #travelecturerlife #traveladdict #travelecturer #ayopelesirangoestoturkey #aroundtheglobe
  • :EQUILIBRIUM